Tekstur MPASI 6 Bulan Pertama, Orangtua Wajib Untuk Mendukung Proses Makan Bayi

Tekstur MPASI 6 Bulan Pertama, Orangtua Wajib Untuk Mendukung Proses Makan Bayi

Tekstur  MPASI  6 bulan pertama memiliki konsistensi yang berbeda-beda. Seba, bayi masih berada dalam fase adaptasi untuk memproses makanan padatnya. Hal ini perlu diketahui oleh orangtua agar dapat membantu Buah Hati.

Lalu bagaimana tekstur makanan pendamping ASI selama 6 bulan pertama agar bayi dapat beradaptasi mengkonsumsi makanan padat dengan baik. Anda dapat membaca uraian di bawah ini tentang perbedaan konsistensinya sesuai usia.

Tekstur  MPASI  6 Bulan Pertama

Standar ideal tekstur MPASI 6 bulan pertama disesuaikan dengan perkembangan kemampuan bayi mengunyah serta organ pencernaannya. Sehingga wajar jika terjadi perbedaan di setiap fasenya.

Umur 6 Bulan

Menginjak usia 6 bulan maka pada umumnya bayi mulai dikenali dengan makanan padat pertamanya. Ini adalah waktu yang penting karena terjadi perpindahan dari hanya mengkonsumsi cairan yaitu ASI mulai belajar untuk mengunyah.

Adapun tekstur makanan pendamping ASI pada fase ini adalah bubur yang cenderung cair. Hal ini disebabkan karena bayi baru saja mengenali jenis makanan yang baru. Sehingga ia perlu beradaptasi.

Juga untuk membantu proses penelanan an makanan ke tenggorokan . Dengan tekstur yang hampir mendekati cair itu bisa mencegah bayi dari tersedak.

Umur Bayi 7- 8 Bulan

Pada usia ini tekstur makanan pendamping ASI yang diberikan ke bayi bisa lebih besar lagi. Ibu dapat menggunakan proses yang lebih sederhana. Caranya adalah dengan memblender kasar bubur bayi tim.

Tambahkan berbagai macam cincangan daging dengan ukuran yang sangat kecil, namun teksturnya masih terasa. Jangan lupa diperkaya dengan cacahan sayuran untuk menambahkan nutrisinya.

Umur Bayi 9-10 Bulan

Pada usia ini bayi sudah mulai diberikan makanan yang lebih padat dengan tekstur yang lebih kasar. Ibu dapat memberikan bubur tim lunak tanpa perlu proses pembelian pemblenderan lebih lanjut.

Cukup dengan membuat nasi tim yang dikukus lebih lama sehingga sangat lunak. Tambahkan potongan kecil daging,  telur, tahu, atau tempe untuk memperkaya tekstur dan nutrisinya.

Jangan lupa cacahan sayuran yang dipotong agak sedikit besar untuk menambahkan vitamin dan mineral dalam sajian tersebut. Lalu kukuslah sampai menjadi nasi tim yang lunak.

Umur Bayi 11 -12 Bulan

Pada fase ini bayi sudah mulai bisa diberikan nasi yang lunak. Artinya Ibu tidak perlu lagi mengukusnya sampai benar-benar lembut. Cukup dibuatlah sajian yang lebih lunak dibandingkan dengan yang dikonsumsi oleh keluarga.

Begitu juga dengan tambahan lauk pauknya yang dibuat juga lebih lunak. Pada fase ini umumnya makanan yang disajikan tidak jauh dari apa yang dinikmati oleh anggota keluarga lainnya.

Orang tua wajib memahami tekstur MPASI 6 bulan pertama agar dapat memberikan bubur yang sesuai dengan kebutuhan. Juga bisa membantu mengenali seberapa banyak porsi yang dibutuhkan oleh  bayi.