Mengenal Apa Itu CSV dan Komitmen Nestle untuk Masyarakat

Mengenal Apa Itu CSV dan Komitmen Nestle untuk Masyarakat

Sebuah perusahaan punya tanggung jawab besar terhadap lingkungannya terutama bagi kesejahteraan masyarakat. Nestle menjadi perusahaan yang berada di baris paling depan dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui program CSV. Apa itu CSV dan bagaimana sebenarnya komitmen yang Nestle jalankan?

Konsep Dasar CSV

Sebenarnya konsep CSV (Create Shared Value) berasal dari konsep CSR yang mengalami perubahan dan perkembangan. Konsep awal CSR hanya memberikan bantuan secara langsung tanpa memperhatikan bagaimana keberlanjutan dari program tersebut. CSV menempatkan masyarakat luas sebagai bagian dari rantai perusahaan yang perlu diperhatikan keberadaannya.

Program CSV Nestle menempatkan setiap pekerjaan yang dijalankan harus punya pengaruh dalam individu atau keluarga, komunitas, serta bumi. Semua dirancang supaya bisa berkelanjutan dan saling berhubungan satu sama lainnya. Ambisi yang dijalankan punya tenggat waktu yang sama dengan jangka program SDGs ditargetkan selesai yakni pada tahun 2030.

Komitmen yang Dijalankan

Setelah memahami apa itu CSV, selanjutnya bagaimana komitmen dijalankan. Jika dituliskan secara rinci, ada 42 komitmen yang dijalankan mengacu pada tiga komponen utama yaitu individu, komunitas, serta planet. Berikut ini tiga komponen utama dan komitmen Nestle dalam perkembangan bersama masyarakat.

1. Individu dan keluarga

Poin penting yang ditujukan dalam program CSV yang menyangkut individu dan keluarga ini berada pada pemenuhan gizi. Saat ini, malnutrisi masih kerap terjadi di Indonesia dan keberadaan pangan yang sehat dan bergizi sulit dijangkau oleh masyarakat. Nestle mengembangkan berbagai produk baru yang bisa dijangkau berbagai kalangan.

Setiap produk yang dihasilkan mengurangi berbagai bahan kimia berbahaya termasuk pewarna buatan. Pembuatan produk juga saat ini mengacu pada pengurangan gula, sodium, dan lemak jenuh untuk masyarakat yang lebih sehat. Selain itu, produk juga dikombinasikan dengan sayuran bergizi tinggi serta bahan makanan yang tinggi akan serat.

2. Menginspirasi Orang untuk Hidup Sehat

Pemberian keterangan mengenai informasi nutrisi yang terkandung dalam produk di setiap wadah atau keterangan di toko online. Setiap produk yang dikeluarkan oleh Nestle juga selalu menyertakan saran konsumsi dan porsi yang bisa dikonsumsi. Selain itu, setiap periklanan yang dibuat juga terus mengacu pada kehidupan yang lebih sehat.

Nestle juga berkecimpung langsung dalam peningkatan edukasi bagi ibu rumah tangga mengenai pemenuhan nutrisi anak. Selain itu, Nestle juga terus berupaya mempromosikan konsumsi ASI serta air putih dibandingkan produk lain.

3. Planet atau Lingkungan

Komitmen pertama yang dijalankan oleh Nestle tentu saja mengenai penggunaan air dalam kegiatan produksi secara efisien. Nestle menerapkan pentingnya meningkatkan perhatian terhadap konservasi air berikut sanitasi yang dibuat.

Tidak hanya itu, Nestle melakukan aksi nyata menjaga perubahan iklim dengan menjadi yang terdepan dalam keamanan lingkungan dari semua kegiatan. Setiap proses yang dijalankan juga tetap mengacu pada pengurangan limbah pangan dan pengolahan lanjutan.

Ada banyak sekali yang ditargetkan Nestle dan mulai dijalankan untuk memenuhi bagaimana kelanjutan lingkungan. Berbicara tentang apa itu CSV maka berbicara juga tentang komitmen Nestle untuk terus melakukan perubahan demi kehidupan lebih baik.