Manfaat Zink untuk Anak, Moms Perlu Tahu Supaya Anak Selalu Sehat

Manfaat Zink untuk Anak, Moms Perlu Tahu Supaya Anak Selalu Sehat

Selama ini, sebagian moms hanya tahu bahwa kandungan gizi yang dibutuhkan oleh si kecil adalah sebatas karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Tetapi tahukah moms, jika mineral terdiri dari beberapa bagian, salah satunya zink. Zink ini tentunya juga memiliki manfaat untuk tubuh, tak terkecuali si kecil. Sayangnya, tubuh tak bisa memproduksi zink atau menyimpan zink dalam tubuhnya sehingga moms sebaiknya rajin memberikan asupan yang mengandung zink kepada anak jika moms ingin manfaat zink membuat pertumbuhan dan perkembangan anak optimal. Apa sebenarnya manfaat zink bagi si kecil?

Membentuk Imunitas Tubuh

Moms, yang namanya si kecil masih sangat rentan dengan berbagai bakteri atau virus yang berada di sekitarnya. Ketika sistem kekebalan tubuhnya tidak terlalu bagus, anak akan mudah sekali terkena penyakit. Apabila moms ingin anak memiliki sistem imun yang bagus dan tidak mudah terserang penyakit, mulai sekarang penuhi kebutuhan zink untuk tubuh anak. Zink dapat memproduksi sel T yang bisa membuat tubuh kebal terhadap segala gangguan. Zink juga bisa membantu tubuh mengaktifkan sel darah putih yang tugasnya menyerang sel sel yang sudah terinfeksi oleh virus atau bakteri.

Menyembuhkan Luka dengan Cepat

Salah satu manfaat zink untuk anak anak adalah mempercepat penyembuhan luka. Bisa diambil contoh bahwa anak yang baru belajar berjalan seringkali terjatuh dan terluka. Luka pada anak biasanya akan mudah sekali sembuh. Penyembuhan pada luka akan memerlukan waktu singkat apabila asupan zinknya tercukupi. Berbeda dengan anak yang kurang asupan zink. Ketika ia terluka, maka lukanya akan sukar sekali sembuh. Makanya, moms haruslah memberikan makanan makanan yang mengandung zink supaya anak tak akan terlalu lama merasa sakit saat ia terluka.

Pertumbuhan Anak akan Pesat

Moms pastinya ingin pertumbuhan anak berjalan dengan baik sesuai dengan usianya. Salah satu cara agar pertumbuhan anak berlangsung dengan optimal adalah dengan memberikan asupan zink pada anak. Zink bisa didapat anak dari sayuran hijau atau kacang kacangan. Lihatlah, anak yang mendapatkan asupan zink cukup, anak akan bisa bertumbuh dengan baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan berat badan dan tinggi badannya yang ideal sesuai dengan usianya. Zink akan membantu hormon hormon pertumbuhan melakukan kerjanya dengan baik. Jadi, saat anak kekurangan zink, bisa saja efeknya menyebabkan anak menjadi stunting.

Mengatasi Diare pada Anak

Diare adalah salah satu penyakit yang seringkali menyerang saluran cerna anak anak. Ketika anak salah makan, anak bisa saja mengalami diare. Atau, ketika imunitas tubuh anak rendah, virus atau bakteri dengan mudah akan menjangkiti saluran pencernaan dan menyebabkan diare. Selama ini yang moms tahu, jika anak diare, moms akan memberikannya cairan oralit. Ada lagi salah satu cara yang bisa moms lakukan untuk mengatasi diare pada anak yaitu dengan memberikan zink. Zink pada anak yang biasanya berbentuk sirup, diberikan selama 10 hari berturut turut walaupun anak sudah tak diare lagi. Hal tersebut akan membuat diare sembuh secara tuntas dan daya tahan tubuh anak juga akan lebih baik lagi. Itulah beberapa manfaat zink bagi anak. Jadi, moms sebaiknya mencukupi kebutuhan zink supaya anak tetap sehat dan aktif sepanjang hari.