6 Cara Belajar Efektif dan Efisien

6 Cara Belajar Efektif dan Efisien

Cara belajar efektif dan efisien tentu jadi idaman setiap pelajar. Karena dengannya seorang bisa menyerap semua pelajaran yang ada. Namun kadang sering blank. Mudah saja. ini disebabkan tidak paham akan teori belajar efektif. Padahal teori ini penting sekali. Bisa disebut teori adalah pedoman yang akan mengantarkan pada kesuskesan sebuah program.

Jika kamu sedang bermasalah dengan belajar, artikel kali ini akan membantumu memahami cara belajar. Beberapa ulasan di bawah ini berasal dari para ahli yang bisa dipraktekkan. Mari kita simak saja beberapa tipnya. Cek ya!

Kiat belajar efektif

Ada enam kiat belajar efektif yang bisa kamu praktekkan. Kita langsung mulai saja dari yang paling awal, yuk. Simak!

  1. Tetapkan Tujuan

Belajar untuk apa, sih? Jika belajar hanya sekadar iseng mending jangan. Belajar juga harus ada tujuannya. Tetapkan tujuan sebelum memulai belajar. Misalnya Anda belajar soal marketing, tujuannya agar paham marketing itu apa. Nah, pelajari sehari 30 menit saja. selama setahun Anda pasti sudah paham.

Manfaat lain menetapkan tujuan untuk gol. Gol apa yang ingin kamu capai dari belajar? Coba tanyakan.

  1. Atur jadwal

Sehari 30 menit saja. jika sebulan dilakukan rutin hasilnya sudah sangat bagus. Tapi buat jadwal belajar dengan jelas. Mau belajar kapan, waktuya, di mana? Atur semua ini dengan baik.

  1. Ciptakan Suasana Nyaman

Jangan belajar di suasan bising. Misalnya kamu ingin belajar matematika tapi sambil putar lagu dangdut keras-keras. Ini hanya akan ganggu konsentrasi kamu selama belajar. Kalau ingin memutar musik sebagai penyemangat belajar, pastikan suaranya lirih saja. Agar tidak menggangu konsentrasi belajar yang kamu lakukan.

Ada saran waktu belajar paling kondusif, yakni habis Subuh. Sekitar jam 5 pagi. Sekarang atur dan ciptakan suasana yang menyenangkan coba.

  1. Pahami jangan dihafal

Menghafal jauh lebih susah. Karena tidak bisa langsung hafal. Makanya pahami materi pelajaran yang dihafal. Misalnya, pelajaran tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia, kamu bisa memahami itu sebagai leluhurmu. Jangan pernah menghafal alurnya karena ini sangat melelahkan.

  1. Diskusikan

Ada orang tua di rumah. Ada kawan yang sebaya. Jangan malu bertanya tentang masalahmu. Diskusikan dengan mereka setiap kesulitanmu agar belajarmu lebih efektif dan efisien.

  1. Pantang Menyerah

Jangan mudah menyerah jika belum memahami. Terus belajar dan evaluasi kenapa gagal. Gagalmu bisa jadi karena suasana bising, lingkungan tidak kondusif, jenuh dan semisalnya. Kalau memang karena itu perbaiki.

Nah, sampai di sini apa sudah paham? Jika sudah paham segera saja perbaiki dan praktekkan semuanya. Kira-kira cocok dengan tip yang mana, nih? Selamat mencoba saja deh.