4 Tingkat Roasting Kopi, Apakah Kamu Tahu?

4 Tingkat Roasting Kopi, Apakah Kamu Tahu?

Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa tingkat roasting kopi yang sangat mempengaruhi cita rasanya? Terlebih lagi tidak semua derajat kematangan biji kopi tersebut dapat digunakan untuk semua jenis minuman racikan kopi.

Sebab setiap tingkat roasting biji kopi tersebut memiliki karakteristik serta rasa yang berbeda. Padahal setiap racikan minuman kopi mempunyai ciri khas tersendiri yang nantinya akan berbeda jika menggunakan hasil panggangan yang tidak sama.

Apa sajakah tingkat kematangan panggangan biji kopi tersebut? Yuk, simak penjelasan dibawah ini agar Anda lebih memahami perbedaan cita rasanya.

Tingkat Roasting Kopi

Terdapat beberapa proses yang harus dilalui oleh biji kopi sebelum dihidangkan dalam secangkir kopi nikmat. Salah satunya adalah proses penyangraian yang merupakan kegiatan untuk mengeluarkan kadar air dalam kopi.

Oleh karenanya dikenal tiga tingkat roasting kopi yang akan memberikan karakteristik berbeda pada setiap racikan yang menggunakan. Roasting sendiri merupakan proses pengeluaran air dalam biji kopi.

Apa sajakah tingkatan roasting pada biji kopi tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Light Roast

Light roast merupakan proses penyangraian biji kopi yang paling tidak memakan waktu lama. Biji kopi yang mengalami proses ini akan memiliki warna coklat yang tidak terlalu gelap. Anda tidak akan menemukan kilo minyak di permukaan nya.

Umumnya biji  kopi yang diproses secara light roast akan memiliki karakteristik yang lembut dan tidak dominan. Sehingga sangat cocok bagi mereka yang tidak menyukai rasa kopi yang kuat.

Medium Roast

Biji kopi yang diproses dengan tingkat medium roast biasanya berwarna lebih gelap dibandingkan dengan light roast. Pada permukaan nya tidak akan terlalu terlihat minyak kopi yang tebal.

Racikan kopi yang menggunakan medium roast memiliki cita rasa yang lebih kuat dibandingkan dengan Light roast. Rasa dan komposisinya seimbang sehingga cukup menjadi favorit bagi penikmat kopi karena tidak terlalu dominan dan kuat.

Medium Dark Roast

Biji kopi yang dihasilkan akan lebih berat dan memiliki warna yang lebih kuat dibandingkan dengan medium. Bijinya akan cenderung mengkilap karena minyak pada kopi sudah keluar.

Minuman yang dibuat dengan menggunakan biji kopi medium dark roast akan mempunyai karakter pahit  sedikit dominan disertai rasa manis yang sedang.

Dark Roast

Biji kopi yang diolah sampai tingkat dari proses biasanya menampilkan rasa pahit hangus serta rasa gosong yang dominan. Seluruh bodinya akan sangat mengkilap karena minyak kopi sudah dikeluarkan akibat proses sangrai yang lama.

Minuman kopi yang dihasilkan dari biji dark roast akan memiliki cita rasa yang tajam pahit dan dominan.

Dengan adanya beberapa pilihan tingkat roasting kopi,  maka Anda kini mengetahui mengapa cita rasa antara minuman kopi yang satu dengan yang lainnya berbeda. Jadi Anda cocok derajat kematangan panggan  yang mana?