Kopi Luwak Mahal? Kenali Cara Produksinya, Yuk!

Kopi Luwak Mahal? Kenali Cara Produksinya, Yuk!

Siapa yang tidak kenal popularitas kopi luwak yang mendapat julukan sebagai kopi termahal di dunia? Sudah beberapa dekade berlalu, fenomena kopi luwak sudah terkenal ke ranah mancanegara karena citarasa yang nikmat. Sensasi menikmati kopi luwak yang memiliki rasa fruity membuat banyak orang rela merogoh kocek dalam demi secangkir kopi ini. Jika Anda membeli biji kopi luwak dengan harga fantastis, pastikan punya alat kopi yang berguna untuk membuat kopi nikmat di rumah sendiri.

Proses pembuatan kopi luwak yang rumit

Untuk mendapatkan citarasa kopi yang berkualitas, maka Anda harus tahu rangkaian proses pembuatan kopi luwak yang tidak mudah. Berikut urutan proses produksi kopi luwak yang harus Anda ketahui yaitu :

1.  Memilih biji yang bagus

Cara pertama yang petani kopi lakukan adalah melakukan seleksi pada biji kopi berkualitas. Daerah Lampung dikenal sebagai produsen kopi luwak terbaik di Indonesia dengan citarasa yang luar biasa. Kualitas biji kopi terlihat sejak pemilihan buah kopi yang berwarna merah dan matang sebelum diberikan kepada hewan luwak. Proses sortir buah membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan produksi kopi biasa, lho!

2.  Memberikan kopi pada luwak

Setelah memilih buah yang bagus, petani akan memberikan kopi pada luwak untuk dikonsumsi. Luwak merupakan sejenis hewan yang memiliki indera penciuman sangat tajam untuk memilih buah-buah terbaik. Dewasa ini, ada aturan tidak boleh eksploitasi hewan luwak dengan memberikan kopi saja sebab luwak juga mengkonsumsi buah-buahan lain.

3.  Proses panen

Kopi yang sudah dikonsumsi luwak tidak bisa dicerna dengan baik sehingga biji kopi akan tetap utuh saat luwak buang feses. Proses penjemuran kotoran yang bercampur biji harus benar-benar kering sebelum dicuci dan sterilisasi.

4.  Proses penggilingan

Setelah melewati masa pencucian dan sterilisasi, kopi akan digiling untuk memisahkan biji kopi utuh dengan biji yang pecah secara manual. Selanjutnya kopi yang terbaik akan digoreng sebelum dihaluskan menggunakan cara manual atau mesin kopi sederhana. Jika beli kopi luwak dalam bentuk biji yang sudah roasting, pastikan Anda punya alat kopi yang bagus di rumah.

5.  Proses pengemasan

Bubuk kopi yang sudah digiling atau dihancurkan akan memasuki tahap akhir produksi yaitu pengemasan. Bubuk kopi luwak akan dikemas menggunakan alumunium foil untuk menjaga kualitas rasa kopi. Selanjutnya kopi siap dipasarkan di daerah lokal hingga ekspor ke luar negeri.

Proses pembuatan kopi yang sangat rumit membuat harga kopi luwak sangat mahal. Tak heran kalau orang di luar negeri rela membayar ratusan ribu hingga jutaan rupiah per cangkir kopi luwak. Proses produksi kopi luwak mulai pemilihan biji kopi yang berkualitas dilakukan secara tradisional sehingga harga kopi luwak menjadi fantastis. Jika Anda berniat menikmati secangkir kopi luwak dengan alat kopi sendiri di rumah, pastikan membeli produk kopi luwak yang orisinal di pasaran.